1. Ketera Buta
Alat
: Hasduk dan benda lain
Tempat
: lapangan
Pelaksanaan
: Formasi barisan perregu
Jalannya
permainan :
Mata ditutup Semuanya dengan menggunakan hasduk,
kecuali yang belakang, semuanya memegang kebahu didepannya, orang yang belakang
mengemudi apabila akan belok ke kiri ditepuk bahu kanan, begitu pula akan belok
kekiri ditepuk bahu sebelah kiri, siapa yang paling cepat mengambil benda
itulah yang menang.
2.
Gambar
Estafet
Alat
: Alat tulis (buku dan pensil)
Tempat
: lapangan
Pelaksanaan
: Formasi barisan per regu
Jalannya
permainan :
Dengan hitungan waktu, barisan paling depan menggambar
yang sudah disepakati oleh masing-masing regu, kemudian dilanjutkan orang yang
kedua, sampai pada yang terakhir hingga terbentuklah gambar yang diinginkan
masing-masing regu, gambar yang paling bagus dan sempurna menjadi pemenangnya.
3.
Kelipatan
Alat
: -
Tempat
: lapangan
Pelaksanaan
: lingkaran/barisan/duduk dengan rapi
Jalannya
permainan : misalnya kelipatan 5
Dengan kata “Bus” atau kata lain tergantung dari
pembina, dengan menggunakan kelipatan5, maka pada hitungan 5,10,15,20,25 …….
dst, harus mengucapkan kata “Bus” kalau salah maka akan dikena hukuman.
4.
Kata Simun
Alat
: -
Tempat
: lapangan/ruangan
Pelaksanaan
: berbentuk lingkaran
Jalannya
permainan : Misalnya kata simun 5
Pembina mengatakan “KATA SIMUN 5” atau dengan angka
lain setelah itu peserta mencari teman sebanyak 5 orang tidak boleh lebih dan
tidak boleh kurang. Temannya yang kurang atau lebih dari 5 itu yang mendapat
hukuman.
5.
Umpan Benda
Sambil Bernyanyi
Alat
: benda mati
Tempat
: lapangan/ruangan
Pelaksanaan
: lingkaran/barisan/duduk dengan rapi
Jalannya
permainan :
Semua peserta menyanyikan sebuah lagu sembarang atau
lagu melalui sound systme, dengan bergiliran benda diumpan kepada teman sebelum
pada waktu pembina memberhentikan lagu tersebut secara bersamaan peserta yang
memegang benda tersebut itu yang mendapat hukuman.
6. Mencari
Pemimpin Gerakan
Alat
: -
Tempat
: lapangan/ruangan
Pelaksanaan
: berbentuk lingkaran
Jalannya permainan :
Salah satu peserta yang ditunjuk oleh pembina maju ke
tengah, tanpa sepengatahuan peserta tersebut, pembina menunjuk peserta lain
untuk menjadi pemimpin gerakan. Gerakan sewaktu-waktu dapat dirubah sesuai
dengan pemimpin gerakan pada waktu pemimpin gerakan memperagakan gerakannya
secara bersamaan peserta yang lain mengikutinya lalu peserta yang ditengah
mencari siapa yang menjadi pemimpin gerakan, peserta yang ditengah mencari
pemimpin gerakan dengan cara menyebutkan nama atau kalaw tidak tahu namanya
bisa menunjukkan orangnya apabila sampai 3 kali salah menunjukkan orang, maka
dia mendapat hukuman dan kalau benar maka peserta yang menjadi pemimpin gerakan
menggantikan posisinya di tengah dan seterusnya.
7. Merubah
Kebiasasn
Alat
: -
Tempat
: lapangan/ruangan
Pelaksanaan
: lingkaran atau berisan dengan cara berdiri
Jalannya permainan :
Dengan kata yang diucapkan pembina, maka peserta harus
memperagakan kata-kata dari pembina, dengan tangannya peserta memperagakan apa
yang dikatakan pembina dengan kebalikannya. Misalnya “pendek” harus
memperagakan “panjang”. Kata-kata yang diucapkan : “panjang >< pendek,
tinggi >< rendah, besar >< kecil”.
8. Topi Bundar
Alat
: -
Tempat
: lapangan/ruangan
Pelaksanaan
: berbentuk barisan/duduk
Jalannya permainan :
Pembina menyanyikan lagu topi bundar, lalu peserta
memperagakan kata-katanya, peserta yang salah memperagakan itu yang mendapatkan
hukuman. Bait-baitnya tidak harus berurutan.
Keterangan :
Topi :
kedua tangan menunjukkan kepala
Saya : ibu
jari tangan kanan menunjukkan badan
Bundar : kedua tangan membentuk
lingkaran kecil
Kalau : kedua
tangan kedepan dengan telapak tangan diatas
Tidak : tangan
kanan melambai kedepan
Bukan : kedua tangan
melambai kedepan
9. Kerapan Sapi
Alat
: -
Tempat
: lapangan
Pelaksanaan
: masing-masing sapi terdiri 3 orang
Jalannya permainan :
2 orang menjadi sapi menghadap kedepan dengan salah
satu tangan di berpegangan, 1 orang menjadi pengemudi/pemilik sapi ada di
belakang sapi dengan cara salah satu kaki berada di atas tangan sapi yang
berpegangan sedangkan satu lagi menyentuh tanah dan tangan kanan memegang
pundak sapi kanan sebelah kanan sedangkan tangan kiri memegang pundak sapi kiri
sebelah kiri, pada hitungan ketiga semua sapi berlomba-lomba lari kedepan
sampai finish yang ditentukan pembina, sapi yang sampai duluan itu yang menang.
10.
Memakan
Buntut Ular
Alat
: -
Tempat
: lapangan/ruangan
Pelaksanaan
: 2 regu formasi per regu
Jalannya permainan :
Per regu berbanjar ke belakang saling berhadapan, pada
hitungan ketiga regu “A” memakan buntut ular regu “B” dan regu “B” memakan
buntut ular regu “A”. Regu yang duluan memakan buntut itu yang menang.
11.
Kepala,
Pundak, Lutut, Kaki
Alat
: -
Tempat
: lapangan
Pelaksanaan
: berbentuk barisan atau bersaf
Jalannya permainan :
Dengan kata-kata “kepala, pundak, lutut, kaki” dari
pembina, peserta memperagakannya peserta yang salah itu yang mendapatkan
hukuman.
Keterangan :
Kepala :
kedua tangan memegang kepala
Pundak : kedua
tangan memegang pundak
Lutut
: kedua tangan memegang lutut
Kaki
: kedua tangan memegang kaki
12.
Lari,
Jembatan, Kucing, Bom
Alat
: -
Tempat
: lapangan
Pelaksanaan
: berbentuk lingkaran/bersaf
Jalannya permainan :
Dengan kata-kata “lari, jembatan, kucing, bom” dari
pembina, peserta memperagakannya peserta yang salah itu yang mendapatkan
hukuman.
Lari
: kedua tangan menepuk kedua paha
Jembatan : kedua
tangan menepuk kedua bahu secara bersilang
Kucing
: kedua tangan mencengkram dan lingkungkan kedepan
Bom
: tangan kanan seolah-olah melempar bom kedepan dan mulut mengatakan
“deemmm”
13.
Lelucon
Alat
: kertas dan bolpoin
Tempat
: ruangan
Pelaksanaan
: duduk
Jalannya permainan :
Sebelum permainan ini dilaksanakan terlebih dahulu
masing-masing melipat kertasnya menjadi 7 lipatan, setelah dilipat dibuka
kembali lalu peserta menulis kata-kata yang diperintahkan oleh pembina
dimasing-masing lipatan, setiap selesai menulis lalu dilipat 1 lipatan dan
diberikan kepada teman sebelahnya (jangan dibaca).
Keterangan :
Lipatan 1 : (tulis namanya sendiri)
: Budi
Lipatan 2 : “SUKA ME……..” (kata
kerja yang berawalan me): Suka memakan
Lipatan 3 : (anggota badan yang paling
disenangi dan ditambah kata-nya) : Bibirnya
Lipatan 4 : (salah satu teman yang
disenangi) : Desy
Lipatan 5 : “sampai……….” (kata
akibat) : Sampai luka
Lipatan 6 : “setiap hari……….” (hari
kelahirannya sendiri) : Setiap hari minggu
Lipatan
7 : “Di…………” (nama tempat yang paling disenangi) : Di
sekolah
14. Permainan
Bisik Berantai
Permainan
ini bertujuan melatih ketelitian ingatan dalam menerima dan menyampaikan
informasi. permainan ini dilakukan dalam sebuah kelompok. permainan ini akan lebih
seru jia digunakan untuk membuat pertandingan atara kelompok dengan saling
berdampingan dalam barisan yang mempunyai jarak tertentu. pemipin regu
dipanggil menjauh untuk diberitahukan kepada anggotanya secara berantai dari
barisan paling depan sampai kebelakang. ketentuanya adalah pesan harus
disampaikan dengan cara bertantai, pesan tidak boleh diketahui yang lain ketika
menyampaikan. yang paling cepat menyampaikan hingga kebarisan belakang , maka
group atau kelompok itu yang menang. untuk lebih jelasnya kita simak saja
vidieo dibawah ini
15. Permainan
Pelangi Nama
Permainan
ini bertujuan untuk melatih konsetrasi dan kesigapan fisik dalam menangkap dan
melakukan perintah. permainan ini adalah jenis permainan dalam kelompok yang
dilakukan dalam lingkaran. lingkaran tergantung jumlah anggota yang akan ikut
bermain baik besar atau kecil.
Cara
Bermain:
adik adik
membuat lingkaran besar dengan membuat lingkaran tumpuan kaki, sehingga jelas
dimana mereka berpijak dan berpindah dari tumpuan ke tumpuan lain.
salah satu
kakak atau adik yang pertama memulai permainan sebagai orang yang memberikan
perintah.
adapun aba
aba pertintah hanya menyebutkan Merah, kuning, dan biru.
apabila
perintahnya Merah : maka orang yang ditunjuk menyebut nama temannya sebelah
kanan
apabila
perintahnya Kuning: maka orang yang ditunjuk menyebutkan nama temannya sebelah
kiri
apabila
perintahnya Biru : semua peserta berpindah tempat, yang paling
terakhir berpindah tempat akan menggantikan orang yang berada ditengah
lingkaran.
adapun
hukuman atau sangsi jika tidak bisa, bisa digunakan berfarasi hanya untuk
membuat permainan lebih semangat.
16. Permainan
membuat Ular Terpanjang
Permainan
ini bertujuang untuk bisa memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk
mencapai tujuan bersama. permainan ini juga termasuk permainan dalam kelompok
dimana untuk berlomba antara regu atau kelompok. cara memainknnya adalah semua
kelompok atau regu berbaris dengan jumlah angggota yang sama. dan dalam posisi
siap melaksanakan tugas. tugas mereka adalah membuat formasi ular terpanjang
yang dapat disusun sengan semua alat atau benda yang menempel padanya kecuali
hasduk. bisa berupa uang, kaos kaki, sepatu, pin dsb sesuai dengan kreatifitas
mereka. posisi mereka bebas menyambung baik duduk, tiduran atau sebagainya.
yang paling panjang dan tidak ada formasi yang putus yang memenangkan
permainan.
17. Permainan
Siap,Bidik ,Tembak, Door.
permainan
ini bertujuan melatih kesigapan dalam kelompok dan konsetrasi. permainan ini
tidak bertujuan untuk mendapatkan pemenang tetapi jika ingin memasukan hukuman
bisa diberikan yang paling lambat respon atau salah merespon. permainan ini
akan effektif dalam permainan kecil dimana setiap baris terdidi dari 4 anggota.
setiap anggota mempunya tugas sendiri sendiri. contoh dimulai dari kiri, adalah
yang bertugas untuk melakukan respon pertama kali ketika ditunjuk dengan
melakukan gerakan siap sambil teriak " Siapppp", kemudian
diikuti teman sebelah kanannya merespon Bidik dengan posisi salah satu kaki
maju hampir seperti posisi siap maju jalan, dengan berteriak
"Bidikkk", kemudian diikuti disebelah kanannya dengan memperagakan
posisi orang yang menembak sambil berteriak " Tembakkkk". diikuti
sebelah kanannya yang bertujuan menunjuk atau menentukan group atau barisan
mana yang harus merespon dengan mengarkan jarinya ke group atau barisan
tersebut dengan berteriak "Doorrrrr". dan group yang ditunjuk
langsung meneruskan seprti tadi dan terus berjalan hingga ada kesalah adanya
kelompok yang tidak berkonestrasi.
Ingat !!!
Apa Yang Sering Kita Lakukan Berulang Kali Yakin Dan Percaya Insyaallah Tidak Semuda Itu Bisa Kita Lupakannya
"SELAMAT MENCOBA"
Bagus deh permainannya
BalasHapusTErima Kasih Kak Permainannya bagus...
BalasHapus